Apakah Asam Urat Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal ?

Apakah Asam Urat Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal ?

Selamat Datang Media Informasi sekaligus website resmi www.pengobatantradisionalasamurat.com satu satunya pusat suplemen vitamin sekaligus obat herbal yang resmi dan terpercaya.

Kami melakukan pengiriman barang keseluruh wilayah di Indonesia dengan pelayanan terbaik kami “BARANG SAMPAI BARU BAYAR” dan ” POTONGAN HARGA ” untuk jumlah pemesanan tertentu.

Apakah asam uirat bisa menyebabkan gagal ginjal – Selama bertahun-tahun, asam urat dianggap sebagai penyebab yang mungkin untuk CKD yang diamati pada pasien dengan asam urat.

Memang, baik penelitian biopsi dan otopsi mengkonfirmasi adanya deposisi kristal urat fokal di daerah korteks dan medula pasien gout yang lebih dalam, sering dikaitkan dengan arteriolosclerosis, glomerulosclerosis, dan fibrosis tubulointerstitial.

Nefropati gout adalah nama yang diberikan pada penyakit ini, dan diperkirakan juga terjadi pada beberapa pasien dengan hiperurisemia asimtomatik.

Ada alasan kuat lainnya untuk melihat asam urat sebagai faktor risiko yang salah untuk penyakit ginjal. Salah satu alasannya adalah bahwa asam urat terutama diekskresikan oleh ginjal.

Apakah Asam Urat Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal ?

Saat GFR turun, terjadi peningkatan ekskresi urin asam urat fraksional dan peningkatan ekskresi enterik, namun proses ini tidak sepenuhnya mengimbangi dan kadar asam urat serum meningkat.

Pada pasien yang memulai dialisis, sekitar 50% memiliki hiperurisemia, Oleh karena itu, CKD mungkin lebih merupakan penyebab hiperurisemia daripada sebaliknya.

Sedangkan kristal asam urat dikenal sebagai proinflammatory, asam urat terlarut adalah antioksidan yang penting dalam menghalangi penuaan dan stres oksidatif terkait kanker.

Serangkaian studi eksperimental baru telah menantang paradigma bahwa asam urat tidak berbahaya atau bahkan bermanfaat di CKD.

Meskipun asam urat memang antioksidan dalam pengaturan ekstraselular, studi terbaru menunjukkan bahwa sekali asam urat memasuki sel, ia dapat menyebabkan stres oksidatif, merangsang mediator inflamasi, menyebabkan disfungsi endotel, dan mengaktifkan sistem renin-angiotensin lokal.

Meningkatkan asam urat pada tikus dengan menghambat enzim degradatif uricase juga menyebabkan hipertensi, yang dimediasi pada awalnya dengan stimulasi sistem renin-angiotensin dan penghambatan bioavailabilitas oksida nitrat endotel.

Yang penting, meningkatkan asam urat juga menyebabkan penyakit ginjal de novo serta mempercepat penyakit ginjal yang ada. Studi mikropunctur lebih lanjut menunjukkan bahwa tikus hiperikemia mengembangkan penyakit arteriol preglomerular yang mengubah autoregulasi ginjal, menghasilkan kombinasi hipertensi sistemik dan glomerulus dengan vasokonstriksi ginjal.

Jenis penyakit ginjal yang diinduksi oleh asam urat

  • Nefropati asam urat akut
  • Nefropati urat kronik
  • Nefrolitiasis asam urat

Asam urat adalah asam organik yang lemah dan ada dalam salah satu dari dua bentuk dalam sistem biologi, tergantung pada pH yang berlaku.

Asam urat nefrolitiasis – bentuk asam urat yang mudah larut dan tidak terdisosiasi, bentuk yang paling banyak terwakili bila pH kurang Dari 5,5, dan bentuk anion urat yang jauh lebih mudah larut.  Bentuk yang paling banyak terwakili 98% pada pH fisiologis 7,4.

Pasien yang dapat menjalani terapi penurun asam urat secara signifikan mengurangi risiko mereka berkembang menjadi penyakit ginjal kronis dibandingkan dengan orang-orang yang tidak diobati.

Nefropati asam urat akut (UAN) – Ditandai dengan gagal ginjal oligurik atau anurik akut karena presipitasi asam urat di dalam tubulus. Hal ini paling sering terjadi karena kelebihan produksi dan kelebihan asam urat pada pasien dengan limfoma, leukemia, atau penyakit myeloproliferative (seperti polycythemia vera), terutama setelah kemoterapi atau radiasi telah menyebabkan lisis sel yang cepat.

Penyebab UAN yang kurang sering meliputi katabolisme jaringan karena kejang atau pengobatan tumor padat, kelebihan produksi asam urat karena adanya sindrom langka kekurangan fosforibosiltransferase hipoksantin-guanin (sindrom Lesch-Nyhan), atau hiperuricosuria akibat reabsorpsi urat yang menurun di Tubulus proksimal,

Baca Juga Obat Asam Urat Terbaik

Apakah Asam Urat Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal ?

Posted By

Pengobatan Tradisional Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *